Top News

"Monggo nguri-uri Basa Jawi Kangge Ngrembakaaken Pakerti mBoten Korupsi mBoten Ngapusi, (Ambal Warso Hari Bahasa Ibu Internasional,tanggal 21 Pebruari 2015)

Total view : times

Pengembangan Desa Siaga Aktif

Print
PDF
Total view : 3 times

Semarang, dinkesjatengprov.go.id -- Pelayanan dasar bagi masyarakat desa yang meliputi upaya promotif, preventif dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (bidan) dan melibatkan kader atau tenaga sukarela lainnya, merupakan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM), sebagai sarana pelayanan dasar bagi masyarakat desa , untuk itu perlunya penekanan terhadap fungsi dari desa siaga yang mencakup komponen Poliklinik Kesehatan Desa (PKD), demikian sekilas disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Dr. Yulianto Prabowo, M.kes) dalam rangka pembukaan Pertemuan Pengembangan Desa Siaga AKtif melalui video conference, dengan BPTPK Gombong sebagai tempat berlangsunnya kegiatan tersebut. Sebagai peserta diikuti oleh komponen Forum Kesehatan Desa/Kelurahan (FKD) dan dilanjutkan dengan paparan materi yang mengangkat permasalahan kompleks yang ada di Jawa Tengah yang meliputi tingginya angka kematian ibu/ bayi, tingginya angka kesakitan/ kematian penyakit menular (DBD, HIV AIDS, Diare) dan sebagainya khususnya di tingkat desa /kelurahan di Jawa Tengah. Selasa, 3/2.

“ Mewujudkan Sistem Rujukan Di Jawa Tengah Yang KONSEPTUAL dalam wujud OPERASIONALISASI ”

Print
PDF
Total view : 14 times

Semarang,dinkesjatengprov.go.id -- Kepala Bidang Bindal Pelayanan Kesehatan (dr. Joko Mardianto, M.Kes), pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa maksud dan tujuannya adalah mengetahui regulasi sistem rujukan, mengetahui cara penetapan RS Rujukan Regional, mengetahui cara mengatur jejaring sistem rujukan dari PPK I - PPK II - PPK III dengan sistem pembayaran, mengetahui dukungan stakeholders dalam menyusun dan operasionalisasi sistem rujukan, mengetaui cara antisipaso antrian panjang rawat inap/rawat jalan di RS Rujukan serta mengatahui kendala / hambatan dalam implementasi sistem rujukan di Jawa Barat.   (Rabu, 25/2).

LGBT ( LESBIAN, GAY, BISEKSUAL DAN TRANSGENDER) dan PERMASALAHNYA DALAM PENANGGULANGAN HIV-AIDS

Print
PDF
Total view : 46 times


Semarang,dinkesjatengprov-- Perjuangan keras bagi kelompok  LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) di Indonesia untuk dapat diterima dengan baik oleh masyarakat , mengingat culture Heteronormativitas, yaitu ideologi tentang keharusan untuk menjadi heteroseksual yang sangat kuat dan sulit untuk diubah. Hal tersebut berbeda dengan masyarakat India dan Thailand yang lebih permisif karena ada unsur culture yang bisa terima, demikian disampaikan oleh Ketua Program Studi S2 Sosiologi Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta sekaligus Pembina Yayasan Gessang Surakarta (Dr. Argyo Demartoto, MSi) , saat menjawab pertanyaan salah seorang peserta tentang  kemungkinan Indonesia meniru India  yang mengakui transgender sebagai jenis kelamin ketiga, mengingat saat ini kecenderungan LGBT yang semakin meningkat. Hal ini disampaikan pada pertemuan evaluasi semester 9 dan rencana semester 10 program penanggulangan HIV AIDS yang didanai Global Fund, bertempat di Bapelkes Semarang tanggal 16-18 Pebruari 2015. 

PERTEMUAN EVALUASI SEMESTER 9 & PERENCANAAN SEMESTER 10 GF RSSF SR DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TENGAH

Print
PDF
Total view : 47 times

Semarang,dinkesjatengprov--Kasus HIV-AIDS di Jawa Tengah terus mengalami peningkatan, hingga Desember 2014 telah dilaporkan 10.840 kasus dengan rincian HIV : 5.871 kasus dan AIDS : 4.933 kasus , dengan angka kematian sebanyak 1.062 (21.53%). Oleh karenanya koordinasi baik internal maupun eksternal dalam penanggulangan HIV-AIDS harus terus ditingkatkan guna bersama-sama mewujudkan target “3 Zeros”, yaitu zero new infection (menurunnya kasus baru HIV, serendah mungkin), Zero AIDS related death (menurunnya angka kematian AIDS), dan Zero stigma and discrimination( Menurunnya tingkat diskriminasi serendah mungkin) , dan peningkatan kualitas hidup ODHA. demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (dr. Yulianto Prabowo,Mkes), pada acara pembukaan Pertemuan Evaluasi semester 9 dan Rencana Semester 10 GF AIDS RSSF SR Dinas Kesehatan Provinsi jawa Tengah bertempat di Auditorium Bapelkes- Semarang tanggal 16 Pebruari 2015.

SEMINAR ILMIAH PENYAKIT INFEKSI TROPIK 2015

Print
PDF
Total view : 15 times

DINKES JATENG Memakai Pakaian Adat

Print
PDF
Total view : 9 times

Semarang,dinkesjatengprov-- Hari Pertama para Pejabat Struktural dan Staf Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menggunakan pakaian adat sesuai yang diamanatkan Gubernur Jawa Tengah (H. Ganjar Pranowo, S.H) sebulan sekali.

Beranekaragam pakaian adat yang dikenakan sebagai apresiasi dan upaya melestarikan budaya asli Jawa Tengah. Setelah apel pagi, diteruskan dengan foto bersama untuk menyambut hari pertamanya dinas dengan menggunakan pakaian adat. Senin, 16/2 (mi)

Surat Edaran Tugas Belajar

Print
PDF
Total view : 116 times

Format terlampir dapat diunduh disini.

Hari Kanker Sedunia Tahun 2015

Print
PDF
Total view : 113 times
User Rating: / 1
PoorBest 

“ KANKER , BUKAN DI LUAR KEMAMPUAN KITA ”


Semarang,dinkesjatengprov--
Hari kanker sedunia tahun 2014 mengangkat tema “ KANKER , BUKAN DI LUAR KEMAMPUAN KITA ”, tema ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat bahwa kanker saai ini bukanlah sesuatu diluar kemampuan kita. Kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari /meminimalkan zat kimia seperti zat warna dan pengawet pada makanan dan melakukan deteksi dini kanker. Kanker leher rahim atau disebut juga kanker srevic merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita.

KANKER BUKAN DI LUAR KEMAMPUAN KITA

Print
PDF
Total view : 122 times

Semarang, dinkesjatengprov.go.id -- Transisi epidemiologi ditandai dengan angka kejadian dan kematian Penyakit Tidak Menular (PTM) semakin meningkat , penyebab kematian yang semula didominasi oleh penyakit menular saat ini bergeser pada Penyakit Tidak Menular seperti stroke, penyakit jantung dan kanker.

RAPAT KERJA KESEHATAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2015

Print
PDF
Total view : 355 times
User Rating: / 1
PoorBest 

Semarang, dinkesjatengprov.go.id – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (dr. Yulianto Prabowo, M.Kes) selaku penanggung jawab Rapat Kerja Kesehatan Daerah (RAKERKESDA) melaporkan bahwa Tema saat ini adalah “PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI REFORMASI BIROKRASI DI BIDANG KESEHATAN, yang implementasinya dilandasi dengan tekad MBOTEN KORUPSI – MBOTEN NGAPUSI”, selengkapnya dalam laporan tersebut disampaikan bahwa, sesuai dengan anjuran Bapak Gubernur Jawa Tengah, bahwa pembangunan kesehatan di Jawa Tengah ini menempatkan prioritas dalam pembangunan di Jawa Tengah, ini terbukti sudah diluncurkan paket sehat yang terdiri dari pertama, meningkatakan sarana prasarana untuk pelayanan publik yang terutama layanan rawat inap di kelas 3, kedua: meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan mengupayakan promotif dan preventif, ketiga adalah menyediakan jaminan pelayanan kesehatan dengan melalui jaminan kesehatan daerah yang diperuntukan terutama bagi orang miskin, tidak mampu serta lanjut usia, selanjutnya adalah, meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui revitalisasi posyandu. Kamis, 5/2.

ON THE JOB TRAINING (OJT) PENGELOLA DATA KESEHATAN PROVINSI JAWA TENGAH

Print
PDF
Total view : 182 times
User Rating: / 2
PoorBest 

Semarang, dinkesjatengprov.go.id -- Data dan informasi merupakan sumber daya yang sangat strategis bagi suatu organisasi, dimana digunakan sebagai masukan dalam proses pengambilan keputusan. Di bidang kesehatan, kebutuhan akan data dan informasi yang evidence based sangat besar baik di kabupaten/kota untuk operasionalisasi program, di provinsi untuk penentuan strategi program, maupun di pusat untuk menentukan kebijakan Nasional, demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (dr. Yulianto Prabowo, M.Kes) saat membuka Pertemuan On The Job Training (OJT) Pengelola Data Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Semarang, 29-30 Januari 2015. Hadir 50 orang peserta diantaranya pengelola Kab/kota sebanyak 35 orang, 15 orang para programer kesehatan di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Visit

Members : 6
Content : 280
Content View Hits : 446901

DATA BANK

SIK

Rating for dinkesjatengprov.go.id
Banner