Top News

Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-31 Tingkat Jawa Tengah Tahun 2014 " Melalui Olahraga Satukan Semangat Bangsa"

Total view : times

SURVEI PEMETAAN FILARIASIS DI 13 KABUPATEN KOTA

Print
PDF
Total view : 437 times

Semarang, dinkesjatengprov -- Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan BBTKLPP Yogyakarta dan PKBI Pusat melaksanakan survei pemetaan Filariasis di 13 kabupaten/kota pada bulan Juni dan Agustus 2014. Tujuan survei adalah menentukan status endemisitas Filariasis (Wuchereria bancrofti) di Jawa Tengah. Ambang batas untuk menandai suatu kabupaten/kota sebagai daerah endemis adalah adanya antigenaemia lebih besar atau sama dengan 1% (diukur dengan uji cepat immunochromatographic/ICT). Dengan ICT pengambilan sampel darah bisa setiap saat (tidak harus malam hari), tetapi biayanya mahal.

Screening Malaria di Pelabuhan Tanjung Mas

Print
PDF
Total view : 375 times

SEMARANG – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang, Balai Laboratorium Kesehatan Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kota Semarang melaksanakan screening Malaria secara rutin menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan tersebut bertujuan melakukan deteksi dini kasus Malaria import dan mencegah terjadinya penularan, karena menjelang Hari Raya Idul Fitri memungkinkan mobilitas penduduk dari daerah endemis di luar Jawa ke Jawa Tengah meningkat. Dan salah satu pintu masuk ke Jawa Tengah adalah Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Sehingga perlu screening Malaria melalui kegiatan pengambilan dan pemeriksaan sediaan darah bagi penumpang kapal yang berasal dari daerah endemis di Kalimantan.

POSKO KESEHATAN MUDIK LEBARAN TAHUN 2014

Print
PDF
Total view : 400 times

"Perilaku Hidup Bersih dan Sehat , Mudik Aman dan Selamat"

Dinkesjatengprov -- Cidera merupakan bagian dari masalah kesehatan masyarakat karena dampak dan konsekuensinya cukup besar bagi individu atau masyarakat yang terpapar. Di Indonesia cidera merupakan empat penyebab kematian utama setelah stroke, TB dan hipertensi. Kebanyakan kasus cidera disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas jalan (25,9%).

Karena pertimbangan itu pemerintah dalam hal ini Direktorat Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI berupaya mengatasi masalah ini dengan melakukan upaya preventif dan promotif melalui deteksi dini dengan melakukan skrining faktor risiko kecelakaan lalu lintas yang salah satunya dilakukan menjelang dan sesudah lebaran kepada pengemudi bis Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

 

“SETDITJEN P2PL KEMKES RI IKUT MEMERIKSA PENGEMUDI BUS”

Print
PDF
Total view : 431 times

SOLO, DINKESJATENGPROVSetditjen P2PL Kemkes RI (dr. H.M. Subuh, MPPM) ikut serta bergabung dengan petugas kesehatan lainnya dalam pemeriksaan para sopir bus dalam rangka memberikan layanan kepada para pemudik di salah satu terminal bus, Tirtonadi Solo. Pemeriksaan yang dilakukan oleh para petugas kepada para sopir Bus bertujuan memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada pemudik, pemeriksaan yang dilakukan antara lain pemeriksaan kadar alkohol, urine, tekanan darah. Hal ini disambut dengan baik oleh para pengemudi bus yang secara teratur dan sabar menunggu antrian pemeriksaan.

 

Peringatan Bahaya Rokok

Print
PDF
Total view : 121 times

 

Sukseskan Pertihusada V Kwarda Jateng 2014

Print
PDF
Total view : 970 times

PERTIHUSADA V KWARDA JATENG TAHUN 2014

SEMARANG, SALAM PRAMUKA

Perkemahan  Bakti  Saka  Bakti  Husada (Pertihusada)   V  Kwartir  Daerah  Jawa  Tengah Tahun  2014  sebagai  alat  pembinaan  bagi  Pramuka  Penegak  dan  Pramuka Pandega  merupakan  pertemuan  Pramuka  dalam  bentuk  perkemahan  yang diselenggarakan untuk para Penegak dan Pandega dari Saka Bakti Husada se-Jawa  Tengah,  dalam  rangka  mengadakan  integrasi  dengan  masyarakat  dan ikut  serta  dalam  kegiatan  pembangunan  masyarakat  seperti  tersirat  dalam janji  Tri  Satya  untuk  Penegak  dan  Pandega.  Pertihusada  V  Kwartir  Daerah  Jawa  Tengah  Tahun  2014, telah dibuka oleh Bapak Gubernur Jawa Tengah pada hari Sabtu, 21 Juni 2014; Pertihusada  penting  artinya  bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sebagai wujud kepedulian dan rasa pengabdian  anggota  Gerakan  Pramuka  terhadap  masyarakat,  bangsa  dan negara  serta  merupakan  bakti  nyata  sebagai  wujud  pengabdian  dan kepedulian  anggota  Gerakan  Pramuka  terhadap  masyarakat,  bangsa  dan negara.

TUGAS BELAJAR S2-S3 AUSTRALIA TH. 2014

Print
PDF
Total view : 715 times
User Rating: / 7
PoorBest 

Menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Nomor: DM.01.03/I/V.3/03088/2014 tanggal - Februari 2014 tentang Ketentuan Pelaksanaan Penerimaan Calon Peserta Tugas Belajar Luar Negeri Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan dengan Sumber Dana Australia Awards Scholarships tahun 2014, maka bersama ini kami informasikan Surat Edaran dan aturan dimaksud.

JAWABAN ATAS twitter @gokonguye

Print
PDF
Total view : 200 times

Jawaban atas twitter @gokonguye dan @ganjarpranowo:

Prosedur untuk mendapatkan kartu Jamkesmas, atau yang sekarang dikenal dengan PBI (Penerima Bantuan Iuran) sesuai dengan PP Nomor 101 Tahun 2012 tentang PBI, adalah sebagai berikut:

1. Penetapan Kriteria dan Pendataan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu merupakan wewenang dari Kementerian Sosial setelah berkoordinasi dengan Menteri dan atau Pimpinan Lembaga terkait (Pasal 2 ayat1).
2. Kriteria yang telah ditetapkan merupakan dasar bagi Lembaga yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Statistik untuk melakukan pendataan (Pasal 2 ayat 2).
3. Hasil pendataan tersebut diverifikasi dan divalidasi oleh Kemensos untuk dijadikan data terpadu (Pasal 3).
4. Sebelum ditetapkan sebagai data terpadu, Kemensos berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kemenkeu dan atau Pimpinan Lembaga Terkait (Pasal 4).
5. Data terpadu yang ditetapkan terinci per Kabupaten/kota dan menjadi dasar bagi penetuan jumlah nasional PBI Jaminan Kesehatan (Pasal 5).
6. Data terpadu ini kemudian disampaikan kepada Kemenkes dan Dewan Jaminan Sosial Nasional/DJSN (Pasal 6)
7. Kemenkes mendaftarkan data terpadu ini sebagai peserta PBI Jaminan Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.
8. Verifikasi dan validasi terhadap perubahan data PBI Jaminan Kesehatan dilakukan setiap 6 (enam) bulan sekali pada tahun anggaran berjalan.
Berdasarkan prosedur diatas, dapat dijelaskan bahwa mekanisme pendaftaran sebagai peserta PBI Jamkes dilakukan sesuai tahapan yang telah ditetapkan dan tidak dapat dilakukan di Puskesmas, mengingat Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan yang tugas dan fungsi utamanya adalah Pemberi Pelayanan Kesehatan.

Pada tanggal 17 Desember 2013, telah ditetapkan Keputusan Menteri Sosial Nomor 146/HUK/2013 Tahun 2013 tentang Penetapan Kriteria dan Pendataan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu , dimana didalamnya telah diatur kategori dan kriteria yang berhak untuk menjadi PBI Jaminan Kesehatan. Info lebih lanjut dapat mengakses http://www.kemsos.go.id/unduh/Kepmensos/Kepmensos146.pdf.
Kemudian pada tanggal 21 Januari 2014, Kemensos telah menyelenggarakan Pembahasan Panduan Teknis Verifikasi dan Validasi Data PBI Jamkes, dengan pokok-pokok pembahasan yang meliputi :
1. Panduan Teknis Verifikasi dan Cara Pengisian Daftar PBI Jaminan Kesehatan.
2, Panduan Teknis Sistem Pengaduan Masyarakat tentang PBI Jaminan Kesehatan.
3, Panduan Teknis Pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) PBI Jaminan Kesehatan.

Demikian penjelasan kami, terimakasih atas pertanyaan dan masukan yang diberikan dan semoga bermanfaat.

Administrator

Jawa Tengah Persiapkan Diri Jelang Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

Print
PDF
Total view : 1180 times
User Rating: / 2
PoorBest 

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA BPJS KESEHATAN DENGAN FASILITAS KESEHATAN

SEMARANG, KADINKES PROV JATENG – Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) dengan fasilitas pelayanan kesehatan di Provinsi Jawa Tengah, dilakukan pada Senin 30 Desember 2013 di Aula Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jl. Piere Tendean No. 24 Semarang). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya persiapan pelaksanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang akan dimulai per tanggal 1 Januari 2014. (Senin, 30/12)

“Dengan komunikasi – kerjasama yang erat dari seluruh komponen kesehatan akhirnya dapat sampai pada tahapan hari ini (red: penandatanganan perjanjian kerjsama BPJS kesehatan)”, demikian sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (dr. Anung Sugihantono, Mkes) dalam acara PKS tersebut.

DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DAN KAKER LEHER RAHIM

Print
PDF
Total view : 755 times
User Rating: / 7
PoorBest 

DETEKSI DINI KANKER DENGAN METODE IVA

SURAKARTA, DINKES PROV JATENGKanker payudara dan leher rahim merupakan masalah kesehatan yang bagi wanita di seluruh dunia. Setiap tahun penderita kanker payudara mencapai 1,1 juta perempuan dan jumlah ini mencapai 10% dari kasus baru dari seluruh kanker, dengan angka kematian sebesar 410.000 per tahun.  Jumlah ini menyumbangkan penyebab  kematian sebesar 1,6% bagi perempuan di seluruh dunia. Insidens kanker ini cenderung meningkat setiap tahun sebesar 5%, demikian pernyataan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bindal Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (dr. H. Rorry Hartono, Sp.F, SH., MH) Selasa, (24/12).

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Mengirimkan Obat-obatan Untuk Bencana Banjir di Wilayah Purworejo

Print
PDF
Total view : 476 times
User Rating: / 2
PoorBest 

BENCANA BANJIR DIWILAYAH PURWOREJO DAN KEBUMEN

SEMARANG, POS KESEHATAN DINKES PROV JATENG - Atas kejadian bencana banjir yang melanda wilayah Purworejo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo melalui suratnya tertanggal 23 Desember 2013, meminta bantuan obat-obatan.  Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sendiri menuhi permintaan obat tersebut dan mengirimkan obat-obatan  berupa : (1).Amoksisillin kapl 500 mg, 50 ktk @ 100 kapl; (2).Nodiar tabl, 30 ktk @ 100 tabl; (3).Sendi krim, 100 tube; (4).Becefort sirup, 60 botol; (5).Curcumex kaplet, 100 ktk; (6).Curcumex sirup, 250 botol; (7).Flucort N, 4 ktk @ 24 tube; dan  (8).Salicyl bedak, 322 kotak.

Visit

Members : 6
Content : 236
Content View Hits : 319415

DATA BANK

SIK

Twitter

Rating for dinkesjatengprov.go.id
Banner