Top News

Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 86, tahun 2014 "BANGUN SOLIDITAS PEMUDA MAJU DAN BERKELANJUTAN"

Total view : times

Rakor Jaringan Dokumentasi & Informasi Hukum (JDIH) Bidang Kesehatan

Print
PDF
Total view : 34 times

Semarang, dinkesjatengprov -- Kita semua menyadari bahwa saat ini tuntutan akan akuntabilitas kinerja suatu organisasi menjadi sesuatu yang harus kita laksanakan, terutama terkait dengan penyelenggaraan pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan. Seperti diamanatkan melalui Sistim Kesehatan Nasional, pelaku penyelenggara pembangunan kesehatan adalah Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan masyarakat. Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2007, walaupun sebentar lagi akan mengalami perubahan,  menegaskan adanya pembagian fungsi dan struktur serta kewenangan organisasi perangkat daerah dan pemerintah pusat. Demikaian disampaikan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ( dr. Djoko Mardijanto, M.Kes) yang diwakili oleh Plt. Kepala Bidang Bindal Sumber Daya Kesehatan  (dr. A.A. Rika Purniawati) saat acara pembukaan Rakor Jaringan Domkumentasi Dan Informasi Hukum (JDIH) di Hotel Ques Semarang, Kamis, 23/10.

Peningkatan Kapasitas Pengelola Perusahaan Otobis Dalam Rangka Pengendalian Faktor Risiko Kecelakaan Lalu Lintas

Print
PDF
Total view : 29 times

 

Semarang, dinkesjatengprov -- Indonesia mengalami transisi epidemiologi penyakit dan kematian yang disebabkan oleh pola gaya hidup, meningkatnya social ekonomi dan bertambahnya harapan hidup. Pada awalnya , penyakit didominasi oleh penyakit menular, namun saat ini penyakit tidak menular (PTM) terus mengalami peningkatan dan melebihi penyakit menular.

Pelatihan Teknis Penyakit Tidak Menular (PTM) Terintegrasi

Print
PDF
Total view : 51 times

Semarang, dinkesjatengprov -- Penyakit Tidak Menular merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia dan menimbulkan dampak sosial maupun ekonomi. Jumlah kasus yang dilaporkan cenderung meningkat dan daerah penyebarannya bertambah luas. Kerugian sosial yang terjadi antara lain adalah kecacatan dan kematian anggota keluarga. Dampak ekonomi langsung pada penderita adalah biaya pengobatan, sedangkan dampak ekonomi tidak langsung adalah hilangnya waktu kerja, waktu sekolah dan biaya lain yang dikeluarkan selain untuk pengobatan seperti transpotasi dan akomodasi selama perawatan penderita.

Komunikasi Data Kesehatan

Print
PDF
Total view : 145 times

 Pertemuan Visualisasi Buku Kesehatan Dan Publikasi Hasil Penelitian 

Salatiga, dinkesjatengprov -- Saya betul-betul titip kepada rekan-rekan  pengelola data dan informasi kabupaten/kota, akurasi, validitas, ketersediaan data sesuai periode yang diharapkan, per bulan, per triwulan, maupun tahunan. Mengingat pentingnya dan kebutuhan ketersediaan data bagi Provinsi dan Kementerian Kesehatan, mohon dapat dilaporkan minimal per triwulan. Demikian disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ( dr. Djoko Mardijanto, M.Kes) yang diwakili oleh Kepala Seksi Manajemen Informasi dan Pengembangan Kesehatan (Mufti Agung Wibowo, S.Kom, MIT) dalam acara Pertemuan Visualisasi Data (Komunikasi Data) Kabuopaten/Kota se Provinsi Jawa Tengah.

Wamenkes Nobatkan Duta Lingkungan Sehat Nasional Dari Jawa Tengah

Print
PDF
Total view : 87 times

Jakarta, dinkesjatengprov -- Wakil Menteri Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menobatkan Duta Lingkungan Sehat STBM (Duta LS STBM) Linggar Aulya Pasha asal SD N Margorejo 2 Kab.Pati dan 4 anak lainnya di puncak acara Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia 2014 di Lapangan D Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/10).

CUCI Tangan Pakai Sabun adalah kampanye kesehatan yang telah dilaksanakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, sejak tahun 2008. Kampanye ini menjadi hari peringatan internasional dan nasional yang diadakan setiap tanggal 15 Oktober.

Peningkatan Kebugaran Bagi Guru

Print
PDF
Total view : 13 times

Pertemuan Koordinasi Petugas Puskesmas dan Guru dalan rangka Peningkatan Kebugaran Bagi Guru dan Murid, Semarang 21 Oktober 2014

Materi dapat di unduh disini

Diklat Promosi Kesehatan Bagi Puskesmas Provinsi Jawa Tengah 2014

Print
PDF
Total view : 87 times

Artikel

Semarang, dinkesjatengprov.go.id -- Promosi kesehatan merupakan upaya meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat agar mereka dapat menolong dirinya sendiri serta mengembangkan kegiatan bersumber daya masyarakat sesuai keadaan sosial budaya setempat dan didukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan (SK Menkes No. 1114/Menkes/SK/VII/2005). Upaya meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, bukan merupakan proses yang mudah. Sehubungan dengan itu, dalam mengatasi masalah kesehatan, sektor kesehatan harus melibatkan lintas sektor terkait serta berbagai kelompok masyarakat potensial. Masyarakat diposisikan sebagai subyek atau pelaku pembangunan kesehatan dan bukan sebagai obyek, sehingga intervensi promosi kesehatan menjadi sangat strategis. Itulah sebabnya, pengelolaan promosi kesehatan harus dikuasai oleh petugas kesehatan di setiap tingkatan, terutama bagi para petugas promosi kesehatan di Puskesmas.

Mencegah Hepatitis

Print
PDF
Total view : 73 times

Pentingnya Deteksi Dini Untuk Pencegahan Penularan Hepatitis

Semarang, dinkesjatengprov -- Hepatitis merupakan masalah kesehatan masyarakat di dunia, diperkirakan 2 dari 3 milyar penduduk dunia pernah terinfeksi Hepatitis virus B, 500 juta orang penderita Hepatitis B dan C kronik dan 1,5 juta orang meninggal karena Hepatitis B dan Hepatitis C.

Indonesia termasuk negara dengan prevalensi Hepatitis B dengan tingkat endemisitas tinggi (> 8%). Penderita Hepatitis B & C diperkirakan sebesar 25.000.000 orang , 50 % (12.500.000) dinatarnya berpotensi menjadi chronic liver disease dan 10 % nya (1.250.000) berpotensi menjadi liver cancer

Berdasarkan besarnya masalah tersebut diperlukan upaya untuk pencegahan dan pengobatan Hepatitis  yang bersifat komprehensif diantaranya melalui kebijakan prefentif dan promotif , sosialisasi tentang penyakit hepatisis ( penyebab dan besarnya masalah) dan perlunya upaya-upaya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pemeriksaan Hepatitis.

 

Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Dengan Metode IVA Di Puskesmas Ngrampal Kab.Sragen Dalam Rangka HUT RSUD Dr. Moewardi - Surakarta

Print
PDF
Total view : 68 times

Kanker leher rahim merupakan masalah kesehatan utama bagi wanita di seluruh dunia. Setiap tahun lebih dari 460.00 kasus terjadi dan sekitar 50% diantaranya berakhir dengan kematian.

Di Indonesia, berdasarkan data yang ada, kanker leher rahim menempati urutan kedua dari jumlah kanker yang terjadi pada wanita.

faktor risiko terjadinya kanker leher rahim antara lain adalah aktifitas seksual sebelum usia 20 tahun, berganti-ganti pasangan sexual, terpapar infeksi yang ditularkan secara seksual (IMS), ibu/kakak menderita kanker leher rahim, test pap sebelumnya dengan hasil abnormal, merokok dan imunosupresi(HIV/AIDS & penggunaan kortikosteroid kronis)

 Ada beberapa metode dalam deteksi dini kanker leher rahim, yaitu :

1.Tes Pap smear dapat mendeteksi sedini mungkin adanya sel abnormal sebelum berkembang menjadi lesi prakanker atau kanker serviks, terutama pada wanita dengan aktivitas seksual yang aktif ataupun yang telah divaksinasi.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS)

Print
PDF
Total view : 99 times

Jawa Tengah Raih Kedua Kali sebagai Duta Lingkungan Sehat

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (LS STBM) Tahun 2014

Semarang, dinkesjatengprov -- Dalam rangka memperkuat pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan, pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Kesehatan telah mengembangkan Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang didasarkan pada Peraturan Menetri Kesehatan Republik Indonesia No. 03/PERMENKES/2014.

STBM adalah program nasional di bidang sanitasi yang bersifat lintas sektoral. Program initelah dicanangkan pada bulan Agustus 2008 oleh Menteri Kesehatan RI. STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higien dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Strategi Nasioanal STBM diharapkan dapat menurunkan kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. Sedangkan outputnya yang lebih dikenal dengan istilah lima pilar STBM adalah sebagai berikut:

  1. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air besar sembarang tempat (ODF).
  2. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.
  3. Setiap rumah tangga telah menerapkan pengolahan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.
  4. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.
  5. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.

Cara Distribusi Alat Kesehatan Yang Baik

Print
PDF
Total view : 19 times

Pertemuan Peningkatan Cara Distribusi Alat Kesehatan Yang Baik (CDAKAB) Sarana Penyalur Alat Kesehatan Tahun 2014

Semarang, dinkesjatengprov Dengan menerapkan Cara Distribusi Alat Kesehatan Yang Baik (CDAKB) maka penyaluran alat kesehatan diharapkan mampu mempertahankan dan menjamin keamanan, mutu dan manfaat dari alat kesehatan yang disalurkan semenjak dari manufaktur/pabrik sampai ke fasilitas pelayanan kesehatan, yang nantinya akan digunakan oleh pasien yang mampu menjamin patient safety selama pengunaan alat kesehatan tersebut. Demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Dr. Djoko Mardianto, Mkes) dalam acara pembukaan Pertemuan Peningkatan Cara Distribusi Alat Kesehatan Yang Baik, yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, pada 6 Oktober 2014. Yang dihadiri sekitar 120 orang terdiri dari para pimpinan atau penanggungjawab Penyalur Alat Kesehatan (PAK) dan Cabang PAK di Jawa Tengah. Selasa, 7/10 (A_fm)

Lebih lanjut Materi Pertemuan dapat di download disini:

Visit

Members : 6
Content : 248
Content View Hits : 320871

DATA BANK

SIK

Twitter

Rating for dinkesjatengprov.go.id
Banner